Monday, January 20, 2014

Tips cara mengatasi hp android yang sering hang

Tips cara mengatasi hp android yang sering HANG 
oke kawan,sekarang kita akan membahas tentang masalah
hp Android,tablet,blackberry DLL yang sering mati sendiri,ya bahasa gaulnya si Hp nya suka nge hang wak wak wak,Oke kawan sekarang kita langsung ke pokok pembahasan :)


Kita harus mengerti/memahami hp sobat


Arti dari smartphone adalah ponsel pintar, namun ponsel pintar tidak akan ada artinya jika sang pengguna sendiri tidak pandai dalam memanfaatkan atau merawat smartphone nya. Itu artinya, pengguna smartphone juga harus smart agar dapat mengimbangi smartphone yang digunakannya, karena smartphone cenderung lebih "rewel" dibandingkan dengan ponsel biasa yang hanya bisa digunakan untuk bertelpon dan sms, sehingga dipaksa untuk mengerti bagaimana cara perawatan yang tepat agar performa smartphone tetap prima. Penyebab rewelnya smartphone pun bermacam-macam, nah berikut adalah beberapa penyebab utama yang membuat smartphone kita rewel atau bahkan hang :

Kesalahan Pengguna


Kenali spesifikasi smartphone anda. Banyak pengguna yang tidak sabaran saat menggunakan smartphone. Pengguna sering kali ingin berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lain dengan cepat tanpa memperhatikan seberapa batas kemampuan smartphone yang mereka miliki sehingga device mengalami lag (gerakan tidak mulus / patah-patah) lelet atau bahkan hang.
Tips : Perhatikan dan kenali batas kemampuan smartphone anda dengan melihat spesifikasinya, karena tidak semua smartphone memiliki spesifikasi yang mumpuni. Kecepatan prosesor yang minim, serta RAM yang terbatas akan membatasi smartphone anda dalam menjalankan aplikasi tertentu yang tergolong berat, sehingga pengguna harus mengira-ngira aplikasi apa yang sekiranya tidak membuat smartphone kita kewalahan. Hal ini juga penting untuk disadari ketika kita ingin berpindah aplikasi, lakukan dengan perlahan, berikan waktu untuk loading pada smartphone agar smartphone tidak bekerja terlalu berat yang akan memicu terjadinya hang pada smartphone. Begitupun seusaibooting atau menyalakan kembali smartphone anda. Hindari untuk menggunakannya sesaat setelah booting, karena belum semua file terbaca dengan sempurna (lama loading tergantung spesifikasi device).

Out Of Memory


Perhatikan ruang pada memory. Memory, terutama memory Internal yang penuh juga mempengaruhi kinerja dari smartphone. Hal ini bisa disebabkan karena banyaknya file sampah atau cache yang tersimpan. File sampah tersebut biasanya "ditulis" oleh aplikasi saat anda menggunakannya. Selain itu, banyaknya aplikasi yang terinstall juga dapat membuat memory internal menjadi penuh sesak. Pada BlackBerry, file aplikasi yang tidak terdownload secara sempurna (gagal download) juga sangat berpengaruh pada kinerja BlackBerry tersebut, bahkan tidak jarang dapat menyebabkan error (error JVM ***)
Tips : Pasanglah aplikasi cache cleaner untuk menghapus cache pada smartphone anda. Pindahkan aplikasi ke memory eksternal. Pada device Android, beberapa aplikasi mungkin tidak bisa dipindahkan ke memory eksternal, maka saia lebih menyarankan untuk melanjutkan membaca ke halaman memaksimalkan internal memori dengan Link2SD setelah membaca artikel ini. Untuk pengguna BlackBerry, sebaiknya carilah tempat dimana jaringan dirasa kuat sebelum anda memutuskan untuk mendownload aplikasi untuk menghindari gagal download tersebut. Hapus atau uninstall aplikasi yang sekiranya tidak terlalu penting untuk memberi ruang lebih pada memory.

Terlalu Banyak Aplikasi Berjalan di Background


Pastikan untuk mematikan apilkasi sebelum menjalankan aplikasi lain. Sering kali aplikasi yang sudah tidak kita gunakan masih berjalan di balik layar (background). Hal ini tentunya akan membuat kinerja smartphone akan terasa berat.
Tips : Hindari tombol "Home" saat ingin menutup aplikasi, karena tombol "Home" hanya akan menyembunyikan aplikasi tersebut dari layar, namun aplikasi tetap berjalan (berguna untukmultitasking). Gunakanlah tombol / softkey "Back" atau menu "Exit" jika ingin menutup aplikasi. Aplikasi yang tetap berjalan di background akan sangat mempengaruhi kinerja device, karena RAM akan terisi oleh aplikasi tersebut yang membuat smartphone terasa lelet saat membuka aplikasi lainnya, serta prosesor akan terus bekerja sehingga membuat baterai terasa cepat habis dan membuat smartphone cepat panas.

Dan jurus terakhir bila tak bisa  diatasi dengan tips di atas

 Nah untuk solusi yang terakhir ini adalah solusi pamungkas yang dijamin efektif untuk mengatasi masalah hang pada smartphone anda. Tapi cara ini adalah pilihan terakhir jika dirasa sudah tidak ada harapan yang bisa membantu smartphone anda untuk bekerja dengan lancar. Namun anda juga harus tetap jeli dalam memilih smartphone agar tidak salah pilih. Jika anda berniat untuk beralih ke smartphone dengan sistem operasi Android, ada baiknya anda melanjutkan perjalanan anda menuju konter dan beli smartphone yang baru :D wkwkwk
oke sobat semoga artikel saya bermanfaat buat kawan-kawan :)

4 komentar: